Petunjuk Author

  1. Jurnal BIOS menerima artikel hasil penelitian, pengabdian dan atau kajian pustaka dalam bidang dan rumpun Ilmu Tekonologi Informasi dan Rekayasa Komputer 
  2. Naskah diketik dengan program Microsoft Word atau Libre Office Writter dengan format sesuai TEMPLATE BIOS yang disimpan dengan bentuk file ekstensi .doc / .docx.
  3. Naskah dikirim online melalui OJS Jurnal BIOS di http://bios.sinergis.org.
  4. Semua penulis pada artikel harus dicantumkan / diketik pada OJS pada saat mengisi "authors" pada proses submit artikel.
  5. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jarak antar baris 1 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 3 ketukan.
  6. Sistematika artikel hasil penelitian: Judul, Identitas Penulis (Nama, Afiliasi dan Email), Abstrak (English dan Indonesia) disertai Kata Kunci, terdiri dari bab: 1. PENDAHULUAN, 2. METODE PENELITIAN, 3. HASIL DAN ANALISIS, 4. KESIMPULAN, UCAPAN TERIMA KASIH dan REFERENSI.
  7. Judul Artikel tidak lebih dari 12 kata, diketik di tengah-tengah (center), mengunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 14pt REGULER, dengan style BOLD.
  8. Identitas Penulis: nama lengkap tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, maka semua nama penulis dicantumkan beserta instansi asal masing-masing penulis) menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 10pt Reguler. Afiliasi dan email penulis harus dalam Reguler dengan ukuran 9pt.
  9. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris menggunakan 1 spasi dengan ukuran font 9pt disertai dengan 3-5 kata atau frasa Kata Kunci (ditulis alfabetik) menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 10pt. Panjang abstrak Bahasa Indonesia antara 100-200 kata (abstrak Bahasa Inggris menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf yang memuat minimal latar belakang, tujuan, metode, hasil penelitian dan kesimpulan. Abstrak dan kata kunci yang diinput pada OJS adalah abstrak dan kata kunci dalam Bahasa Inggris.
  10. Pendahuluan berisi latar belakang permasalahan yang diteliti, permasalahan yang dijabarkan secara detail, literatur review, tujuan penelitian, dan inovasi riset yang dikerjakan. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf tanpa menulis subjudul.
  11. Metode Penelitian berisi tentang secara detail langkah-langkah penelitian yang didalamnya termasuk desain penelitian, prosedur penelitian, dan prosedur pengujian.
  12. Hasil dan Analisis yang berisi tentang berisi tentang hasil dan analisa penelitian. Hasil penelitian dapat dijelaskan dengan gambar, grafik, tabel, atau yang lainnya dengan tujuan pembaca lebih dapat memahami hasil penelitian.
  13. Kesimpulan menjelaskan jawaban dari apa yang diharapkan dari sebuah penelitian yang telah dijelaskan dibagian Pendahuluan. Pada bagian ini dapat ditambahkan saran untuk pengembangan penelitian selanjutnya berdasarkan hasil dan analisa yang telah dilakukan. Kesimpulan dapat berupa paragraf atau berupa poin-poin.
  14. Ucapan Terima Kasih dapat diperuntukkan kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penelitian, instansi yang menjadi objek penelitian, bisa juga kepada pihak yang membantu dalam publikasi artikel.
  15. Referensi hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk. Penulisan referensi mengikuti aturan IEEE Style dengan minimal terdapat 5 referensi, seperti contoh berikut:
    [1]. X. S. Li, et al., "Analysis and Simplification of Three-Dimensional Space Vector PWM for Three-Phase Four-LegInverters", IEEE Transactions on Industrial Electronics, vol. 58, pp. 450-464, Feb 2011.
    [2] R. Arulmozhiyal and K. Baskaran, "Implementation of a Fuzzy PI Controller for Speed Control of Induction Motors UsingFPGA", Journal of Power Electronics, vol. 10, pp. 65-71, 2010.
    [3] D. Zhang, et al., "Common Mode Circulating Current Control of Interleaved Three-Phase Two-Level Voltage-SourceConverters with Discontinuous Space-Vector Modulation", 2009 IEEE Energy Conversion Congress and Exposition, Vols1-6, pp. 3906-3912, 2009.
    [4]. Z. Yinhai, et al., "A Novel SVPWM Modulation Scheme", in Applied Power Electronics Conference and Exposition, 2009.APEC 2009. Twenty-Fourth Annual IEEE, 2009, pp. 128-131.
  16. Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan IEEE Style.
  17. Menggunakan Reference Manager dalam mengelola referensi dan pengutipan seperti Mendeley, EndNote, dan lain-lain.
  18. Artikel ditulis mengikuti template penulisan artikel pada Jurnal BIOS.
  19. Menghindari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme
  20. Semua sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenanya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis.


Submission Preparation Checklist
Penulis diwajibkan memperhatikan hal-hal berikut sebelum melakukan pengajuan/submit artikel ke BIOS :

  1. Naskah merupakan hasil karya penulis sendiri, bebas dari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
  2. Naskah sudah mengikuti pedoman dan template penulisan artikel pada Jurnal BIOS.
  3. Referensi yang dibuat hanya sumber-sumber yang menjadi rujukan dalam naskah (Minimal 5 referensi).
  4. Pengutipan dan penulisan referensi sudah dikelola menggunakan Reference Manager (Mendeley atau lainnya).
  5. Penulis tidak akan mengirim artikel ini ke jurnal yang lain, kecuali artikel sudah dinyatakan 'ditolak' pada Jurnal BIOS.
  6. Penulis bersedia melakukan korespondensi dengan baik, tanggap, dan beretika.


Privacy Statement
Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain dan diberikan kepada pihak lain.